Resep Mudah dan Praktis Membuat Nasi Kuning Lezat
10th September 2019
Tips Menyelenggarakan Pesta Ulang Tahun Anak yang Meriah dan Hemat
19th September 2019

Soto betawi adalah merupakan salah satu kuliner khas Ibu Kota Jakarta yang paling populer. Soto betawi juga sudah dikenal hingga ke berbagai daerah lain. Rasa sedap gurih soto Betawi memang selalu menimbulkan rasa lapar, dengan potongan daging, juga aneka jerohannya ada usus, juga babat serta paru yang berpadu dengan kuah santan yang gurih memanjakan lidah, ditambah dengan kucuran jeruk nipis, dan taburan bawang goreng, juga emping dan juga sambal merah yang semakin menambah rasa enaknya, disantap bersama dengan nasi putih hangat yang pulen. Tak ada yang bisa menyanggah nikmatnya.

Sejarah Soto Betawi

Soto Betawi yang merupakan olahan daging dan jeroan sapi yang disiram dengan santan atau susu yang gurih hangat ini sudah dikenal sejak sebelum tahun tujuh puluhan. Kuahnya dibuat dari perpaduan antara air kaldu rebusan tulang dan daging sapi dengan aneka bumbu rempahnya, yakni seperti ada bawang merah dan juga bawang putih, juga jahe, dan daun salam, dan serai serta cengkeh, yang lalu ditambahkan dengan minyak samin dan santan atau susu sapi yang membuatnya terasa gurih di lidah.

Soto betawi memang terkenal dengan rasanya yang sangat nikmat. Perpaduan bumbu dalam kuah susu atau santan kentalnya yang sangat pas adalah salah satu penyebab soto betawi ini menjadi cocok untuk teman santap nasi. Soto betawi berbeda dengan kebanyakan soto terkenal di nusantara yang lainnya yang mempergunakan nama sesuai tempat asalnya, yakni seperti soto lamongan dari Lamongan, Jawa Timur, juga ada soto kudus yang berasal dari kota Kudus, dan soto Banjar, serta soto Makassar, dan lain sebagainya, maka Soto betawi menggunakan nama suku, yakni suku Betawi sehingga soto betawi memiliki makna sebagai sotonya orang Betawi.

Betawi itu adalah nama suku yang bertempat di wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Suku Betawi tersebut cukup unik sebab berasal dari perpaduan berbagai etnis yang ada di Indonesia yakni seperti dari jawa Tegal, melayu dan juga Sunda, serta dari berbagai kelompok etnis lainnya dari berbagai belahan dunia seperti ada unsur Tionghoa, Arab, dan juga Eropa.

Hal tersebut dapat terjadi mengingat karena Jayakarta dan Batavia, yang adalah nama lama Jakarta itu adalah merupakan kota pelabuhan, pusat perdagangan, yang sudah dari dulu ramai didatangi oleh orang-orang dari beragam etnis.

Kuliner soto betawi itu merupakan perpaduan antara hidangan caudo dari Tiongkok dan masakan khas melayu yang berciri dengan menggunakan bumbu aneka rempah-rempahan dan juga dengan penggunaan santan pada kuahnya, dengan mendapat pengaruh juga dari budaya Arab dan juga India, yaitu dalam penggunaan minyak samin atau ghee. Menunjukkan dan merupakan perwujudan keharmonisan yang sangat terbuka dan cukup toleran dalam masyarakat Betawi, sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai budaya-budaya asing yang masuk.

Tautan : Catering Nasi Kotak Jakarta

Komposisi Kandungan Nutrisi atau Gizi Pada Soto Betawi

Jumlah kandungan Energi dari Soto Betawi itu adalah sekitar 135 kkal, dengan jumlah kandungan Protein dari Soto Betawi sebesar 2,5 gram. Sedangkan jumlah kandungan lemak dari Soto Betawi adalah sebesar 8,8 gram, dan jumlah kandungan Karbohidrat untuk Soto Betawi adalah 11,5 gram. Adapun jumlah kandungan Kalsium Soto Betawi adalah 222 mg dan dengan jumlah kandungan Fosfor dari Soto Betawi sebesar 72 mg, lalu jumlah kandungan Zat Besi dari Soto Betawi adalah 1,9 mg, dengan jumlah Kandungan Vitamin A dari Soto Betawi sebesar 21 IU, kemudian jumlah kandungan Vitamin B1 dari Soto Betawi adalah 0,04 mg, dan jumlah kandungan Vitamin C dari Soto Betawi adalah 0 mg.

Resep Soto Betawi

Resep pembuatan soto betawi yang enak adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan

  • Daging sapi segar, bisa dipilih daging sandung lamur atau yang lainnya sesuai selera 300 gram
  • Tulang sapi, untuk pembuatan kuahnya 1 buah
  • Jeroan sapi, sesuai selera, bisa berupa kikil, babat, paru, lidah, usus, limpa, mata, kuping dan lain sebagainya 300 gram

Bumbu-bumbu

  • Bawang Merah 12 buah
  • Bawang Putih 5 buah
  • Daun Salam 2 lembar
  • Lengkuas 4 cm
  • Jahe 2 cm
  • Serai 2 batang
  • Lada 1 sdm
  • Jinten ½ sdt
  • Ketumbar 1 sdt, disangrai
  • Kemiri 3 butir, disangrai
  • Merica 1 sdt
    Garam 6 sdt atau secukupnya sesuai selera
  • Gula 2 sdt atau secukupnya sesuai selera
  • Santan segar 200 ml
  • Susu cair 250 ml
  • Minyak Samin 1 sdm

Pelengkap :

  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • 1 batang daun seledri, diiris tipis
  • 2 buah tomat, dipotong – potong
  • kecap manis
  • bawang goreng
  • emping goreng

Cara Pembuatan
Rebus tulang sapi berikut dengan daging dan jerohannya beserta jahe dan lengkuas dan satu buah daun salam ke dalam air hingga matang. Lalu angkat daging dan jeroan. Diamkan sampai dingin lalu iris menjadi potongan dadu kecil-kecil sesuai selera. Goreng lalu sisihkan. Haluskan bumbu-bumbu berupa bawang merah dan bawang putih, lada, jinten, dan garam secukupnya. Lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi,. Masukkan tumisan bumbu beserta sisa daun salam, dan kayu manis juga batang serai ke dalam air kaldu daging rebusan masak, tambahan gula dan juga garam jika perlu, sesuai selera, rebus hingga wangi. Kemudian masukkan santan kental dan susu beserta potongan-potongan daging dan jerohannya. Masukkan juga minyak saminnya. Panaskan selama kurang lebih 10 menit. Angkat dan sajikan bersama sambal dan bahan pelengkap lainnya.

Pelengkap Hidangan Soto Betawi

Pelengkap soto betawi itu ada tomat, daun bawang dan daun seledri yang diiris-iris, emping juga jeruk limau, dan acar serta sambal, juga bawang goreng dan kecap jika suka manis, merica bubuk jika suka rasa pedas.

Acar

Acar menjadi salah satu tambahan sebagai pelengkap dalam sajian soto betawi. Acar tersebut terbuat dari irisan ketimun, dan wortel, juga bawang merah serta cabai rawit yang diasamkan.

Emping

Emping selalu menjadi pelengkap makan soto betawi. Remukkan emping goreng yang dicampur ke dalam kuah soto betawi menambah rasa khas lain yaitu sedikit pahit. Emping ditaburkan ke soto betawi bersama dengan bawang goreng. Kebutuhan Emping di Jakarta dipasok dari daerah lain, yakni seperti propinsi Banten.

Penjual Soto Betawi

Penjual soto betawi biasanya sudah memulai usaha sotonya sejak turun temurun, makanya sering terpampang di papan nama penjual soto Betawi itu, tahun awal mula warung soto mulai dibuka. Pelanggannya juga kebanyakan sudah bertahun-tahun setia makan di warung soto Betawi tersebut. Beberapa penjual soto Betawi yang terkenal di Jakarta itu antara lain adalah soto betawi H. Husen, dan H. Saleh Kumis 45, dan Soto Betawi Ratu Plaza, serta soto Betawi racikan H. Mamat di daerah BSD. Soto betawi rata-rata dijual pada kisaran harga 15 ribu Rupiah hingga 35 ribu Rupiah, dan dalam varian yang bisa dipilih antara soto daging yang isinya irisan daging saja, dan soto campur yang dari campuran daging dan jeroan. Kemudian untuk kuahnya juga ada yang memasaknya dengan kuah santan, baik itu santan yang kental maupun santan yang encer, dan ada juga yang menggunakan kuah susu sedangkan kalau membuatnya sendiri ada juga yang membuat soto betawi dengan kuah creamer.

Demikianlah pembahasan tentang soto betawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now
Whatsapp